Pengaruh Ketinggian dan Panjang Saluran Air Laut terhadap Daya yang Dihasilkan pada Prototype Tidal Barrage

Authors

  • Bima Sakti Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30649/j-eltrik.v2i2.97

Keywords:

terbarukan, tidal, barrage, energi, laut

Abstract

Kebutuhan energi listrik di Indonesia sangatlah penting mengingat keterbatasan sumber daya alam dan minimnya tenaga kerja membuat Indonesia sangat butuh peningkatan pembangkit listrik. Salah satu sumber energi yang dapat di konversi menjadi energi listrik adalah pasang surut air laut menggunakan metode tidal barrage. Penerapan Energi ini masih sangat sedikit di Indonesia tetapi ada beberapa wilayah yang berpotensi untuk diterapkannya pembangkit tersebut . Pembangkit listrik ini memanfaatkan energi tenaga pasang surut air laut untuk energi potensial yang terkandung dalam perbedaan tinggi dan rendahnya air laut karena fenomena alam yang terjadi dengan cara menjebak air pada bendungan dan kemudian menggerakkan turbin air yang dihubungkan dengan generator agar dapat menghasilkan energi listrik. Terkait dengan berapa output daya yang dihasilkan dapat diketahui dengan cara melihat pada ketinggian berapa level air yang menggerakkan turbin. Pembangkit ini termasuk jenis pembangkit ramah lingkungan karena dapat meminalisir kerusakan ekosistem alam dan bendugan, dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas. Untuk lebih mudah memahami metode ini maka perlunya dibuat prototype untuk mengetahui berbagai factor yang mempengaruhi daya yang dihasilakan pada pembangkit ini. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa prototype Pembangkit Listrik Tenaga Pasang Surut Air Laut menggunakan metode tidal barrage pada ketinggian air pasang maksimum 26 cm dapat membangkitkan arus sebesar 0,068 watt pada saat tidak diberi beban dan 0,061 watt pada saat diberi beban LED 1,7 V dan 30 mA. Didapatkan juga hasil pada panjang saluran air maksimal 20 cm dapat membangkitkan daya sebesar 0,059 watt.

References

I.M. “Susanto. Studi Karakteristik Energi Listrik Yang Dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut (PLTGL) Metode Pelampung Dengan Variasi Dimensi Pelam-pung Dan Panjang Lengan”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. 2015.

M.Z. Zainol, N. Ismail, I. Zainol, A. Abu, dan W. Dahalan. “A Review On The Status OF Tidal Energy Technology Worldwide”. UTM Skudai, Johor. Malaysia. 2017.

A.R. Baihaqiy. “Prototype Pembangkit Listrik Tenaga Pasang Surut Air Laut Di Kelurahan Tugurejo Ke

camatan Tugu Kota Semarang”. Universitas Negri Semarang. 2017. [4] R. Danny. “Desain Lambung Pontoon pada Pembangkit Listrik Energi Arus Laut”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. 2016.

W.N. Aris. “Studi Kelayakan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Pasang Surut di Balikpapan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. 2015

Published

2021-11-03

How to Cite

Bima Sakti. (2021). Pengaruh Ketinggian dan Panjang Saluran Air Laut terhadap Daya yang Dihasilkan pada Prototype Tidal Barrage . J-Eltrik, 2(2), 97. https://doi.org/10.30649/j-eltrik.v2i2.97

Issue

Section

Articles