Sistem Pendingin Menggunakan Air Untuk Optimasi Kinerja Panel Surya Berbasis Arduino

Authors

  • Mursalim Pratama Putra a:1:{s:5:"en_US";s:27:"Universitas Borneo Tarakan ";}
  • Rika Wahyuni Arsianti Universitas Borneo Tarakan

Keywords:

battery, solar cell, cooling system, radiation

Abstract

Salah satu energi alternatif yang paling banyak digunakan adalah sel surya. Namun sel surya hanya dapat bekerja optimal pada suhu 250C.  Ini menjadi kendala bagi negara tropis seperti Indonesia yang memiliki suhu rata-rata pada siang hari 320C. Tujuan Penelitian ini adalah membuat sistem pendingin pada sel surya untuk menghasilkan daya optimum yang dapat diperoleh dengan penambahan sistem pendingin. Sistem pendingin yang digunakan menggunakan air untuk membasahi panel surya. Penelitian ini akan membandingkan kinerja dua buah panel surya 20 WP dengan sistem pendingin dan tidak menggunakan sistem pendingin. Air akan mengalir pada permukaan panel surya jika suhu lebih dari 350C. Pengamatan akan dilakukan terhadap tegangan, arus dan daya sel surya untuk mengetahui kinerja sistem pendingin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbedaan tegangan, arus dan daya yang dihasilkan adalah  sebesar 1,18V, 103,55mA dan 2210mW. Parameter yang paling berpengaruh dengan penambahan sistem pendingin adalah arus. Sehingga pengisian baterai 5.5Ah lebih cepat 1,48 jam dibandingkan tanpa menggunakan sistem pendingin. Ini menunjukkan bahwa sistem pendingin panel surya dengan air mampu meningkatkan kinerja sel surya dengan mempercepat waktu pengisian baterai.

References

M. Bachtiar. "Prosedur Peranca-ngan Sistem Pembangkit Listrik Te-naga Surya Untuk Perumahan (Solar Home System)". SMARTek 4.3. 2006.

Loegimin, M. Swatara, et al. "Sistem Pendinginan Air Untuk Panel Surya Dengan Metode Fuzzy Logic." Jurna Integrasi. 12.1. 2020.

Subandi, S. Hani “Korelasi Suhu Dan Intensitas Cahaya Terhadap Daya Pada Solar Cell”. 15 Novem-ber 2014. Yokyakarta: Indonesia. 2014.

Khwee, K. Hie. "Pengaruh Tempera-tur Terhadap Kapasitas Daya Panel Surya (Studi Kasus: Pontia-nak)." Jurnal Elkha 5.2, 2013.

Almanda, Deni, and D. Bhaskara. "Studi Pemilihan Sistem Pendingin pada Panel Surya Menggunakan Water Cooler, Air Mineral dan Air Laut”. 1.2. 2018.

S. Suherman, et al. "Water and Heat-sink Cooling System for Increasing the Solar Cell Performances." EAI Endor-sed Transactions on Energy Web 7.27. 2019.

Arigan et.al. "Penggunaan Sistem Pendingin Temperatur Sebagai Peningkatan Kinerja Panel Surya." Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU. Vol. 3. No. 1. 2020.

M.R. Fachri. ”Pemantauan Parame-ter Panel Surya Berbasis Arduino secara Real-Time”. Jurnal Rekayasa Elektrika,Vol (11) No.4, 2015.

Afriandi. Implementasi Water Coo-ling System Untuk Menurunkan Temperature Losses Pada Panel Surya. Diss. Tanjungpura University. 2017.

Yuliananda et al. "Pengaruh peruba-han intensitas matahari terhadap daya keluaran panel surya." JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.02 ,2. 2018.

Published

2022-01-27

How to Cite

Putra, M. P., & Rika Wahyuni Arsianti. (2022). Sistem Pendingin Menggunakan Air Untuk Optimasi Kinerja Panel Surya Berbasis Arduino. J-Eltrik, 3(1), 41–50. Retrieved from https://eltrik.hangtuah.ac.id/index.php/jurnal/article/view/64

Issue

Section

Articles